FK Unusa Ajak Masyarakat Kampung Kusta Biasakan Pola Hidup Bersih dan Sehat

Trisna Eka Adhitya
Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya ajak masyarakat Desa Tanjung Kenongo biasakan pola hidup bersih dan sehat. (Foto: Unusa)

MOJOKERTO, iNewsMojokerto.id - Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) mengajak siswa SDN 2 Tanjung Kenongo dan kader Siaga Kusta Dusun Sumberglagah, Mojokerto membiasakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Selain memberikan penyuluhan, juga dilakukan pelatihan pembuatan minuman herbal sebagai bentuk pengabdian masyarakat
 
Ketua Tim Pengabdian Masyarakat FK Unusa, Dr dr Handayani MKes menyampaikan, FK Unusa terus berupaya mensosialisasikan PHBS guna menjaga imunitas masyarakat. 

“Seperti yang kita tahu, penyakit kusta itu kan menular. Melihat faktor itu, kami, FK Unusa, turut andil untuk membantu pencegahan penyakit kusta, dan penanaman memiliki kesehatan yang kuat serta menjaga imunitas,” ujarnya dilansir dari laman resmi Unusa, Ahad (18/08/2024).

Pemilihan lokasi Dusun Sumberglagah dikarenakan dusun yang berada di Desa Tanjung Kenongo, Kecamatan Pacet ini dulunya digunakan sebagai tempat penampungan para penderita penyakit kusta karena letaknya dekat dengan Rumah Sakit Kusta Sumberglagah.

Hingga tahun 2024, terdapat 300 orang penderita kusta di tempat penampungan ini. Sebagian besar dari mereka dinyatakan telah sembuh dan 20 orang tengah menjalani pengobatan dengan pengawasan RSUD Sumberglagah Pacet.

Dalam kegiatan ini, FK Unusa juga mengadakan pelatihan membuat minuman herbal para kader siaga kusta. Tujuannya untuk meningkatkan imun agar tidak mudah terserang penyakit. 

“Minuman herbal yang dibuat pada pelatihan kali ini adalah minuman dengan nama jukes. Jukes adalah kependekan dari jahe, kunyit, kencur, dan secang. Minuman ini terbuat dari bahan-bahan tersebut,” katanya.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network