Pemilu 2024 Berjalan Lancar dan Kondusif, Polres Jombang Beri Penghargaan TPS Dan PPS

Zainul Arifin
Polres Jombang Beri Penghargaan TPS Dan PPS. Foto iNewsMojokerto/Zainul arifin

JOMBANG, iNewsMojokerto.id - Polres Jombang memberikan penghargaan kepada sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan PPS (Panita Pemungutan Suara) Tercemerlang dalam Pemilu 2024 di wilayah setempat. 

Penghargaan diberikan kepada para pemenang lomba pemilu 2024 Polres Jombang, sebagai bentuk apresiasi dan dedikasi tinggi mereka selama pelaksanaan Pemilu 14 Februari lalu sehingga berjalan aman, sejuk dan damai.

Seperti diketahui, Pesta demokrasi Pilpres dan Pileg 2024 telah selesai diselenggarakan. Antusias masyarakat dalam menentukan pilihannya terlihat cukup tinggi.

Bahkan di beberapa TPS, masyarakat rela antre untuk mencoblos pilihannya, tidak terkecuali di Kabupaten Jombang Pesta demokrasi 5 tahunan ini berjalan aman, lancar dan damai. Selain itu, pastisipasi masyarakat dalam pemilu tahun ini naik menjadi 87,8 perse.

Kapolres Jombang AKBP Eko Bagus Riyadi menyampaikan apresiasi kepada semua pihak, mulai Pemerintah daerah, Aparat keamanan, Unsur Penyelenggara dan Pengawas pemilu, serta seluruh masyarakat atas dedikasi, peran serta, sinergi, kolaborasi dan soliditas.

"Sehingga pemilu 2024 di Kabupaten Jombang berjalan aman, sejuk dan damai," kata Eko Bagus saat acara soa bersama menjelang Ramadan 1445 H / 2024, tasyakuran Pemilu 2024 dan penyerahan penghargaan TPS dan PPS di Maolres Jombang. 

Eko Bagus mengatakan Polres Jombang memiliki tagline Cemerlang atau Cepat, Melayani, Religius, Kolaborasi, Mengayomi. Sehingga semua pekerjaan bisa diselesaikan dengan halus, rapi dan tuntas. Keberhasilan pemilu adalah keberhasilan seluruh komponen bangsa.

“Tidak lupa, kita doakan untuk unsur penyelenggara yang meninggal setelah bertugas pemilu 2024 semoga diberikan ampunan dan tempat terbaik disisi Nya dan yang masih sakit semoga segera diberikan kesembuhan," katanya. 

"Semoga semangat dan dedikasinya dalam menyukseskan pemilu 2024 menjadi catatan amal baik,” lanjut Eko Bagus dalam keterangannya yang diterima iNews.id, Jumat (7/3/2024) 

Eko Bagus menjelaskan, Indikator suksesnya pemilu 2024 adalah tingkat partisipasi dan kehadiran pemilih ke TPS untuk memberikan suara. Guna meningkatkan partisipasi masyarakat menggunakan hak pilihnya, Polres Jombang membuat berbagai inovasi. 

Antara lain Makblos Mbareng (Habis Nyoblos Makan Bareng), lomba konten kreatif untuk generasi Z dengan tema ajakan untuk mencoblos bagi generasi Z yang sudah memiliki hak pilih, lomba TPS dan lomba Desa/PPS Ter-cemerlang.

Ia pun bersyukur, tingkat partisipasi pemilih pemilu 2024 di Kabupaten Jombang sangat baik, mencapai kisaran 86 persen dan melampaui target KPU 80 persen secara nasional.

Pada pemilu 2019 tingkat partisipasi masyarakat Jombang 84 persen, pemilu 2024 naik 2 persen; tentunya tidak lepas dari kerja keras bersama dalam menyosialisasikan suksesnya pemilu 2024.

Berikut pemenang yang menerima penghargaan lomba Pemilu 2024 Polres Jombang. 

a. TPS Tercemerlang dengan Partisiasi pemilih tertinggi :
1) TPS 009 Desa Kedungbetik Kecamatan Kesamben 98 persen
2) TPS 018 Desa Jombatan Kecamatan Kesamben 96,93 persen
3) TPS 006 kebonagung Kecamatan Ploso 96, 13 persen
4) TPS 008 Desa Plabuhan Kecamatan Plandaan 96,03 persen
5) TPS 001 Desa Wonokerto Kecamatan Wonosalam 95,96 persen

b. Desa Tercemerlang dengan Partisipasi masyarakat, Mekanisme Tungsura dan Nihil pelanggatan :
1) Juara 1 Desa Plabuhan Kecamatan Plandaan
2) Juara 2 Desa Sumberaji Kecamatan Kabuh
3) Juara 2 Desa Plosogeneng Kecamatan Jombang

c. Lomba Konten Kreatif Tema 1 :
1) JUARA 1- SMAN JOGOROTO
2) JUARA 2 MAN 2 JOMBANG
3) JUARA 3 - SMKN MOJOAGUNG

d. Lomba Konten Kreatif Tema 2 :
1) JUARA 1- SMK MUHAMMADIYAH 2 JOGOROTO
2) JUARA 2-SMAN BARENG
3) JUARA 3 - SMKN KABUH

e. Lomba Konten Kreatif Juara Favorite :
1) JUARA FAVORIT - SMAN 3 JOMBANG
2) JUARA FAVORIT - SMAN 2 JOMBANG

f. Lomba Memasak :
1) Hotel Fatma
2) Resto Devys
3) Kansa Wonosalam

Editor : Arif Ardliyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network