Wilayah Angasraya Majapahit, Terbagi 4 Area

Nanda Alifya Rahmah
Peta Majapahit. (Foto: Direktori Majapahit)

MOJOKERTO, iNewsMojokerto.id - Dalam sistem wilayah Majapahit, ada istilah Angasraya untuk menyebut sebagian wilayah. Istilah tersebut merujuk pada kondisi khusus yang sedikit berbeda dengan konsep wilayah bagian atau wilayah jajahan. 

Wilayah Angasraya adalah wilayah-wilayah yang secara langsung dna sengaja meminta perlindungan kepada Majapahit. Wilayah ini biasanya terdiri atas kerajaan kecil di sekitaran area utama kerajaan Majapahit. 

Novrida Q. Lutfillah menyebut dalam buku Gayatri: Akuntan Majapahit, secara umum wilayah angasraya dapat dikelompokkan menjadi empat. Berikut adalah urainnya menurut catatan Mpu Prapanca dalam Negarakretagama. 

1. Wilayah di Barat Jawa ( Melayu dan Sumatera)

Wilayah barat Jawa terperinci sejumlah pulau negara bawahan. Yaitu Melayu, Jambi, Palembang, Toba dan Darmasraya.

Selain itu, ada pula wilayah Kandis, Kahwas, Minangkabau, Siak, Rokan, Kampar dan Pane, Kampus, Haru, serta Mandailing.

Wilayah Tumihang, negara Perlak dan Padang juga termasuk dalam kelompok ini.  Ditambah Lwas dengan Samudera, Lamuri, Batan. Lampung, dan Barus. 

2. Wilayah di Utara Jawa (Tanjung Nagara atau Kalimantan)

Wilayah angasraya di utara Jawa meliputi hampir seluruh wilayah Pulau Kalimantan yang sekarang. Dahulu pulau ini dikenal dengan nama Tanjung Nagara. 

Secara lengkap Negarakretagama menyebut wilayah angasraya Majapahit di bagian utara Jawa terdiri atas Pulau Tanjungnegara, Kaouas-Katingan, Sampit, Kota Lingga, Kota Waringin, Sambas, dan Lawai. 

3. Wilayah Barat Laut Jawa (Semenanjung Malaka)

Dalam Negarakretagama tertulis:

ikaq sakahawan pahaq pramukha taq hujunq medini, ri lnkasukha len ri saimwan i kalangan i tringano, nagor pa(98 a) kamuwar dunun ri tumasikh/ ri saqhyaq hujuq, klau keda jere ri kanjap i niran/ sanusa pupul.

Artinya: Di Hujung Mendini Pahang yang disebut paling dahulu, berikut Langkasuka, Saimwang, Kelantan serta Trengganu, Johor, Paka, Muara, Dungun, Tumasik, Kelang serta Kedah, Jerai, Kanjapiniran.

Itulah wilayah angasraya Majapahit di bagian Barat Laut Jawa. 

4. Wilayah Timur Jawa 

Di sebelah Timur pulau Jawa, wilayah angasraya Majapahit meliputi Bali di mana termasuk kerajaan Badahulu, Lo Gajah, Gurun, Sukun, Taiwan.

 Kemudian termasuk pula Pulau Sapi dan Dompo di wilayah Nusa Tenggara saat ini. Wilayah Sang Hyang Api, Bima, Serang, dan Hutan Kendali. 

Wilayah Angasraya bersikap mendukung terhadap kekuasaan Maharaja Mahapahit. Dalam hal tersebut, Majapahit memperoleh kekuasaan terhadap wilayah itu. 

Namun, Majapahit tidak memiliki wewenang langsung terhadap rakyat di wilayah tersebut. Masyarakat di wilayah itulah yang memiliki hal atas pemerintahan dan mengatur rumah tangganya sendiri.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network