PDGI dan FKG Unair Sosialisasikan Pentingnya Pemeriksaan Gigi Bagi Lansia

Trisna Eka Adhitya
PDGI dan FKG Unair Sosialisasikan Pentingnya pemeriksaan gigi bagi lansia. (Foto: istimewa)

MOJOKERTO, iNewsMojokerto.id – Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Mojokerto bersama dengan Departemen Radiologi Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga (FKG UNAIR), sukses menggelar serangkaian acara seminar dan bakti sosial sebagai bentuk silaturahim dalam rangka Halal bihalal di Desa Tamiajeng, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto. Dalam kegiatan ini dikenalkan peran dan pentingnya pemeriksaan rontgen gigi terhadap pasien lansia

Dalam kegiatan yang berlangsung di Hotel Arayanna Trawas pada Sabtu (13/5/2023) hingga Minggu (14/5/2023) lalu, juga diadakan pelatihan hands-on berupa cara deteksi dini osteoporosis pada masyarakat lansia melalui hasil foto rontgen gigi panoramik. Diikuti oleh 80 anggota PDGI Cabang Mojokerto dan menghadirkan pemateri dari FKG Unair. 

“Seminar yang digelar ini bertopik ‘The Role and Application of Dental Radiography for Elderly Patients in Daily Practice’, sebagai bentuk kepedulian kami sebagai dokter gigi terhadap kualitas hidup lansia. Kami mengundang para pakar dari FKG UNAIR sebagai narasumber yang memiliki fokus terhadap lansia atau bidang geriatri. Harapannya para dokter gigi saat ini menjadi lebih melek terhadap peran radiologi gigi sebagai alat deteksi dini pada kasus-kasus penyakit sistemik yang dapat diderita lansia”, kata Ketua PDGI Cabang Mojokerto, drg. Nailur Rahmy Wahdany, Sp.KGA, dalam sambutannya.

Diketahui dari Data Badan Pusat Statistik (BPS) Tahun 2022, Provinsi Jawa Timur menjadi Provinsi ke-2 di Indonesia dengan jumlah populasi masyarakat Lansia paling banyak. Di Indonesia sendiri juga terjadi fenomena peningkatan jumlah angka lansia dari tahun ke tahun secara keseluruhan. Hal ini menjadi dasar utama pengangkatan topik kegiatan terfokus pada peningkatan kualitas hidup lansia.

Rangkaian kegiatan ini kemudian ditutup dengan kegiatan bakti sosial di Balai Desa Tamiajeng pada hari Minggu (14/5/2023) yang juga melibatkan UPTD Puskesmas Trawas dan Ikatan Radiologi Kedokteran Gigi Indonesia (IKARGI), dalam bentuk penyuluhan dan layanan kesehatan bagi para warga lansia di lingkungan Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto.

“Kami ingin meningkatkan pemahaman dan kesadaran warga lansia di Kecamatan Trawas terhadap kesehatan gigi dan mulutnya serta peran pemeriksaan radiologi gigi melalui kegiatan penyuluhan serta layanan kesehatan ini sebagai sebuah upaya terhadap peningkatan kualitas hidup lansia,” kata Ketua Panitia Bakti Sosial drg. Aga Satria Nurrachman, Sp.RKG(K).

Kegiatan bakti sosial dihadiri lebih dari 80 warga lansia yang berasal dari berbagai desa di Kecamatan Trawas. Kegiatan penyuluhan dikemas dengan rangkaian acara yang menarik dengan pembagian doorprize dan goodie bag kepada warga di akhir kegiatan. 

“Kami juga membagikan booklet berisi materi penyuluhan kegiatan pada hari ini untuk dapat dibawa pulang oleh warga. Semoga apa yang kami bagikan hari ini benar-benar bisa bermanfaat untuk kesehatan dan Peningkatan kualitas hidup para
warga Lansia di Kecamatan Trawas,” tutup dokter Spesialis Radiologi Kedokteran Gigi tersebut.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network