Gandeng Desa Sajen, UNTAG Surabaya Berkolaborasi Hasilkan Kampung Bangkit

Trisna Eka Adhitya
Dosen dan mahasiswa Untag saat lakukan pemasangan panel surya di Desa Sajen, Mojokerto. (Foto: Trisna Eka Adhitya)

MOJOKERTO, iNews.id - Terletak di dataran tinggi, Desa Sajen, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto memiliki berkah sumber daya alam yang subur dan melimpah yang masyarakatnya rata-rata bermata pencaharian sebagai petani dan peternak. Melihat potensi yang menjanjikan tersebut, Untag Surabaya berupaya mendorong pertumbuhan ekonomi Desa Sajen melalui program Kemendikbud Ristek bertajuk Hibah Insentif Pengabdian Masyarakat yang Terintegrasi dengan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Berbasis IKU (Indikator Kinerja Utama) bagi Perguruan Tinggi Swasta tahun 2022. 

Program ini bertujuan untuk mengembangkan potensi Desa Sajen dalam mendorong terwujudnya kemandirian masyarakat melalui pengembangan potensi unggulan dan penguatan kelembagaan serta pemberdayaan masyarakat melalui BUMDES dan mewujudkan desa mandiri energi listrik. Selain itu agar dapat diintegrasikan dengan kolaboratif dan partisipasi mahasiswa.

Melalui Program Studi S1 Teknik Elektro UNTAG Surabaya, Desa Sajen mendapatkan pelatihan dan sosialisasi berupa tata kelola BUMDES dengan memberikan legalitas dan mendaftarkan usaha-usaha milik masyarakat Desa Sajen ke dinas terkait untuk membantu peminjaman modal. Dengan diadakannya sosialisasi tersebut diharapkan dapat memberikan bantuan dalam pengembangan usaha kecil dan menengah.

Inovasi lain juga diterapkan di Desa Sajen dengan melakukan pemasangan solar cell atau PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) guna mendukung pembangunan rendah karbon di perdesaan dan daerah terpencil melalui proyek energi terbarukan. Teknologi panel surya (solar cell) dipilih dalam rangka membawa teknologi energi hijau ke pedesaan. PLTS Desa Sajen memiliki kapasitas 2700 Wp (Wattpeak) yang digunakan untuk PJU (Penerangan Jalan Umum) dan CCTV untuk keamanan peralatan panel surya.

“Harapannya dengan adanya pelatihan dan sosialisasi ini dapat bermanfaat bagi Desa Sajen untuk mendorong ekonomi masyarakat sekitar khususnya untuk BUMDES dan PLTS yang bisa berguna sebagai sumber energi listrik selain dari PLN.” Ungkap Kaprodi Program Studi S1 Teknik Elektro Puji Slamet S.T, M.T.

Dengan adanya kolaborasi antara UNTAG Surabaya dengan masyarakat Desa Sajen dan mahasiswa diharapkannya dapat membantu mengembangkan kualitas sumber daya manusia dan menaikkan perekonomian masyarakat Desa Sajen.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network