BMKG Ingatkan Potensi Cuaca Ekstrem Beberapa Hari Kedepan, Ini Wilayah yang Terdampak

Trisna Eka Adhitya
BMKG prediksi adanya cuaca ekstrem dalam beberapa hari kedepan. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNewsMojokerto.id - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan akan adanya potensi cuaca ekstrem dalam beberapa harri kedepan. Mengingat hal itu, masyarakat diminta untuk tetap waspada terhadap potensi bencana yang mungkin timbul. 

"Peringatan dini: masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem (puting beliung, hujan lebat disertai kilat/petir, hujan es, dll)," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto, Selasa (8/11/2022).

Guswanto menjelaskan, potensi cuaca ekstrem terjadi karena adanya gangguan fenomena Madden Julian Oscillation (MJO). Fenomena MJO diprakirakan terpantau aktif di Samudera Hindia selatan Jawa, Papua Tengah dan Papua Pegunungan yang berpotensi menyebabkan peningkatan pertumbuhan awan hujan di wilayah tersebut.

Berdasarkan hasil pantauan dan analisis BMKG, cuaca ekstrem berpotensi terjadi pada 8 dan 9 November di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu dan Kepulauan Bangka Belitung.

Kemudian di Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Gorontalo, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network