Kemenkop UKM Ajak Pelaku Usaha Berubah Digital Bersama Google, Targetnya Bisa Bikin Cuan

Trisna Eka Adhitya
Deputi Bidang Kewirausahaan, Kementerian Koperasi dan UKM, Siti Azizah (kiri), dan Director of Government Relations and Public Policy Google Indonesia, Putri Alam. (Foto: Istimewa)

“Kami memahami kebutuhan usaha kecil di sana untuk mencari pelanggan dan akan bekerja sama dengan Kemenkop untuk membantu ribuan usaha kecil beralih ke online dan siap menyongsong era perdagangan di masa depan," ungkap Putri Alam. 

Sejak tahun 2015 Google telah melatih lebih dari 2 juta UKM dan telah menjalankan berbagai program bersama sejumlah kementerian, antara lain melatih UKM di wilayah Indonesia Timur (bersama Kemendag), UKM yang berfokus di sektor pariwisata (bersama Kemenpar), UKM yang berorientasi ekspor (bersama Kemenperin), dan Digital Entrepreneurship Academy (bersama Kemenkominfo).   

Dia menjelaskan, selama enam bulan ke depan, UKM yang bernaung di bawah Kemenkop dapat mendaftar dan mengikuti pelatihan strategi konten dan digital marketing, cara menyiapkan eCommerce, cara agar tetap aman saat online, dan cara agar bisnis terdaftar dan muncul di Google Search dan Google Maps. 

Google juga merilis hasil survei Kantar terhadap 707 pemilik usaha, yang 44 persen di antaranya adalah perempuan dan 42 persen lainnya adalah mahasiswa dan pelajar.
 

Editor : Trisna Eka Adhitya

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network