6 Titik Nyeri Dada Penyakit Jantung, Salah Satunya Mirip Maag

Nanda Alifya Rahmah
Ada 6 titik nyeri penyakit jantung. (Foto: Kemenkes)

MOJOKERTO, iNews.id - Nyeri dada tidak melulu mengindikasikan penyakit jantung. Ada titik tertentu nyeri dada yang muncul pada penderita penyakit jantung.

Dilansir dari laman Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes), nyeri dada memang gejala yang paling sering muncul dalam penyakit jantung. Bagaimana cara mengenalinya?

Menurut informasi Kemenkes, ada 6 titik nyeri dada penyakit jantung. Lokasi nyeri ini bisa menjadi petunjuk pertama yang dirasakan penderita penyakit jantung atau bukan.

1. Nyeri di bagian belakang tulang dada

Nyeri dada disebut juga 'angina' paling sering menyerang area tengah dada. Salah satu titiknya adalah di bagian belakang tulang dada. 

Lokasi ini meliputi sekitar titik tengah tulang rusuk bagian bawah. Rasa nyerinya bisa berupa sensasi tertusuk, tertekan, atau diremas.

2. Nyeri di bagian belakang tulang dada menjalar ke leher

Lokasi utama sama seperti titik pertama, tetapi ditambah dengan rasa panas dan tertekan di area leher. Bila digambarkan lokasi ini menyerupai bentuk ketapel dengan garis lengkung pada leher bawah.

3. Nyeri pada dada, menjalar ke bahu dan lengan

Ternyata angina bisa juga memengaruhi otot bagian bahu dan lengan. Sensasinya meliputi rasa berat, panas, ataupun tegang pada area salah satu bahu dan lengan atau keduanya (kiri dan kanan).

4. Nyeri dari dada menjalar ke rahang

Selain leher, angin bisa memengaruhi rahang. Sensasinya mirip perasaan tercekik pada area rahang (leher atas). Hal ini umumnya dipicu ketegangan otot jantung dan sekitarnya. 

Saat angina menyerang, otot jantung kehilangan kendali untuk memompa darah dengan normal. Akibatnya otot jantung secara reflek meminta 'bantuan' dari sumber energi lain di sekitar jantung untuk membantu memompa darah.

5. Nyeri dada bawah (ulu hati) sampai ke area sekitar lambung

Titik nyeri ini adalah titik nyeri yang rawan dikenali. Sebab banyak orang mengira nyeri ini adalah pertanda gangguan maag (lambung). 

Oleh karena itu, ada baiknya memeriksakan kesehatan jantung dan lambung saat mengalami nyeri ini. Sensasi nyeri karena peyakit jantung maupun maag mungkin tidak terlalu berbeda.

6. Nyeri punggung di antara kedua belikat

Angina ternyata tidak hanya merujuk pada nyeri dada bagian depan. Angina juga dapat dirasakan di area punggung.

Lokasi tepatnya berada di titik tengah antara kedua belikat. Penderita mungkin merasa sesai tertusuk atau tertekan dan panas di area punggungnya. 

Itulah 6 titik nyeri dada penyakit jantung yang perlu diwaspadai. Nyeri dada atau angina yang belum didiagnosis harus segera dicek ke rumah sakit untuk memastikan penyebabnya.
 

Editor : Trisna Eka Adhitya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network