Mendag Dorong Ekspor CPO Agar TBS Petani Terserap

Trisna Eka Adhitya
Harga Tandan Buah Segar (TBS) di tingkat petani anjlok. (Foto:iNews.id/Suharli)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan, mendorong ekspor CPO untuk memudahkan petani dalam penyerapan tandan buah segar (TBS). Hal ini dilakukan lantaran harga TBS sawit anjlok lantaran stok minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) untuk ekspor masih penuh. 

Apalagi saat ini, panen kelapa sawit sedang berlimpah, namun permintaan dari pengusaha masih terbatas. Hal ini pun menyebabkan harga TBS di beberapa daerah perkebunan sawit berada di harga Rp1.000 per kilogram. 

"Untuk mengatasi permasalahan yang ada, Kemendag terus mendorong ekspor CPO agar tangki-tangki CPO kembali kosong dan TBS petani dapat diserap kembali," kata Zulkifli dalam keterangannya seperti dikutip pada Senin, (11/7/2022).  

Zulkifli juga menemui petani sawit yang tergabung dalam Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Provinsi Lampung di Desa Merak Batin, Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan untuk menyikapi rendahnya harga ini. Dalam pertemuan itu Zulkifli mengaku telah mendapatkan gambaran situasi yang dihadapi petani sawit.  

Dia menuturkan, persoalan utama adalah bagaimana mendorong agar TBS petani dapat terserap. Selain itu, pemerintah meminta pelaku usaha membeli TBS dengan harga paling sedikit Rp1.600 per kilogram. 

Editor : Trisna Eka Adhitya

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network