7 Cara Atasi Stres di Akhir Pekan, Nomor 3 Paling Gampang

Nanda Alifya Rahmah
Akhir pekan semestinya digunakan untuk menenangkan diri dari stres dan cemas. (Foto: StockSnap)

MOJOKERTO, iNews.id - Stres dan cemas bisa menyerang justru di kala akhir pekan. Padahal semestinya, akhir pekan menjadi momen untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran dari stres dan kecemasan.

Namun jika stress malah muncul di akhir pekan, sedikitnya ada 7 cara yang bisa dilakukan agar tingkat stress dapat diturunkan. Merangkum dari laman Verywell Mind, berikut cara atasi stres yang bisa dilakukan di akhir pekan:

1.  Berlatih imajinasi

Menutup mata sejenak untuk membayangkan hal yang poitif bisa memberi ruang bagi pikiran untuk beristirahat. Imajinasi positif tentang sebuah padang bunga atau pantai dengan laut biru yang luas akan menjauhkan pikiran dari beban stres tentang pekerjaan atau masalah lainnya.

2. Berjalan santai 

Akhir pekan yang singkat mungkin tidak cukup untuk dihabiskan dengan liburan ke luar kota. Ambil rute sederhana di lingkungan yang nyaman dan berjalan kakilah. 

Hirup udara segar yang ada di sekitar. Pemandangan kota yang biasa dilewati sehari-hari pun mungin menyisakan hal yang unik jika dinikmati tanpa terburu-buru.

3. Menikmati aromaterapi

Pilihan untuk berdiam diri di rumah bisa juga menjadi istimewa dengan sedikit sentuhan yang berbeda. Aromaterapi dari tungku atau diffuser bisa memberi suasana menenangkan yang baik untuk meredakan stres di akhir pekan.

4. Membuat seni kerajinan

 Cari ide tentang kerajinan yang menarik untuk dilakukan di rumah. Membuat pot bunga, mewarnai dengan pasir, atau seni gunting-tempel bisa menjadi pilihan atasi stres di akhir pekan.

5. Makan menu sehat yang berbeda

Stres bisa juga diatasi dengan makanan. Sejumlah pilihan makanan mengandung bahan untuk pereda stres

Pilih menu sehat yang bisa mengganti energi yang hilang dalam menu seminggu sebelumnya. Tentunya, nikmati sajian di piring dan makanlah dengan bahagia.

6. Self-Talk

Self-talk atau bicara dengan diri sendiri. Metode atasi stres yang satu ini bisa efektif jika dilakukan dengan pola yang tepat. 

Self-talk yang baik dilakukan untuk mencari alasan mendasar penyebab stres. Selanjutnya, self-talk dilakukan untuk memberi afirmasi positif kepada diri sendiri untuk bisa lebih baik dan merasa lega.

7. Menulis jurnal

Review apa saja yang dialami seminggu ke belakang. Tulis hal positif maupun negatif yang dirasakan.

Tuliskan pula keinginan untuk mendapat pengalaman yang lebih baik di minggu berikutnya. 

Itulah 7 cara atasi stres yang bisa dicoba untuk dilakukan di akhir pekan. Kamu pilih yang mana yang paling mudah dilakukan?
 

Editor : Trisna Eka Adhitya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network