get app
inews
Aa Read Next : Ning Ita Terima Penghargaan Penggerak Koperasi Terbaik, Dapat Pesan Khusus Dari Menteri Teten

Pemerintah Target Dua Juta Lapangan Kerja Baru dari Satu Juta Wirausaha Mapan

Kamis, 12 Mei 2022 | 17:43 WIB
header img
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah menargetkan dua juta lapangan kerja baru yang berasal dari satu juta wirausaha mapan baru hingga 2024. Skema langkah teknis hingga dukungan pembiayaan melalui Himbara telah dibahas untuk mewujudkan target itu. 

Pemerintah ingin dengan target tersebut dapat sejalan dengan proyeksi Indonesia menjadi negara dengan kekuatan ekonomi terbesar keempat di dunia. Pelibatan Kementrian BUMN, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Dalam Negeri, hingga Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam skema itu dilakukan.  

Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM), Teten Masduki mengatakan, satu juta wirausaha mapan diperoleh dari 400.000 UMKM dari pendampingan pemerintah. Kemudian sebanyak 600.000 sisanya melalui UMKM di daerah. 

"Kewirausahaan ini sangat terukur, pertama kenaikan jumlah wirausaha baik yang, total kita ingin nambah 1 juta wirausaha. Nanti kita target di daerah 600.000 wirausaha, dan di bawah pendamping Kementerian 400.000 wirausaha," ungkap Tetes di Kantornya, Kamis (12/5/2022). 

Target 1 juta wirausaha mapan, lanjut Teten, sejalan dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 2 Tahun 2022 yang mengatur mengenai penetapan kebijakan pemerintah yang dijadikan sebagai pedoman bagi Kementerian dan lembaga (K/L) Pemerintah Daerah, dan pemangku kepentingan dalam melakukan pengembangan kewirausahaan nasional. 

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut