get app
inews
Aa Read Next : Jelang Kampanye Ning Ita-Cak Sandi, Mesin Partai NasDem Kota Mojokerto Mulai Dipanasi

Kejayaan Majapahit Akan Ditampilkan Dalam Mojotirto Festival

Jum'at, 18 Maret 2022 | 14:51 WIB
header img
Pemkot Mojokerto mengadakan rapat persiapan Mojotirto Festival.

MOJOKERTO, iNews.id - Even pariwisata mulai kembali digalakkan oleh Pemkot Mojokerto. Kali ini, dengan menggelar Mojotirto Festival dalam rangka memperingati hari air sedunia pada Selasa (22/3/2022) mendatang. 

Dukungan penuh terhadap acara ini juga telah digaungkan Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari. Sehingga, untuk kelancaran acara tersebut Pemkot Mojokerto melakukan koordinasi bersama perwakilan TNI serta polisi.

Rapat finalisasi dipimpin oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ruby Hartoyo dan diikuti oleh Kepala OPD, perwakilan dari Kodim 0815/Mojokerto dan Polresta Mojokerto serta dari DKD, PODSI dan Museum Gubug Wayang.

“Disamping untuk memastikan susunan acara, dalam rapat ini juga dibahas kesiapan dari masing-masing sektor, serta kelengkapan sarana prasarana. Karena sebagai sebuah program keroyokan (cross cutting) Mojotirto Festival tentu kesuksesannya dibutuhkan sinergi semua pihak,” ujar Kepala Diskominfo Kota Mojokerto Santi Ratnaning Tias, Jumat (18/3/2022).

Untuk menguatkan Kota Mojokerto sebagai kota pariwisata berbasis sejarah dan budaya, khususnya terhadap kebudayaan Majapahit, maka dalam agenda Mojotirto Festival juga akan menghadirkan kirab budaya. Mulai dari peserta kirab yang terdiri dari Prajurit Bregodo, Prajurit Mojopahit, serta penari bedoyo putri kusumo dan penari jurit sandi.

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari melalui acara yang bertajuk Umbul Dungo Mojotirto ini juga mempunyai visi untuk nguri-nguri budaya. Hal ini tercermin dengan ditampilkannya permainan tradisional seperti semprengan, permainan tali, sonda, dakon dan bekelan serta penampilan karawitan.

“Untuk memastikan kesiapan seluruh pengisi acara, juga akan dilakukan gladi resik dan gladi kotor,” imbuh Santi.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut