get app
inews
Aa Read Next : Pesantren Tebuireng Jombang Sembeli 27 Ekor Sapi Kurban untuk Masyarakat

Satu Jemaah Calon Haji Asal Jombang Meninggal di Mekkah, Begini Kronologi Penyebabnya

Selasa, 18 Juni 2024 | 10:19 WIB
header img
Satu Jemaah Calon Haji Asal Jombang Meninggal di Mekkah. Foto iNewsMojokerto/zainul

JOMBANG, iNewsMojokerto.id - Seorang jemaah calon haji (calhaj) atas nama Dewi Aminah Solikin asal Jombang Jawa Timur dilaporkan meninggal dunia di tanah suci Makkah, Arab Saudi karena sakit.

Kepala Seksi  Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Jombang, Ilham Rohim mengatakan almarhumah meninggal dunia pada Minggu (16/6/2024) sekitar pukul 16.40 waktu setempat.

"Kemarin kami dapat kabar duka, bahwa ada satu calhaj asal Kabupaten Jombang meninggal dunia di tanah suci mekkah, almarhumah atas nama Dewi Aminah Solikin berusia 86 tahun," kata Ilham Rohim dalam keterangannya kepada iNews.id, Senin (17/6/2024). 

Berdasarkan data, Dewi Aminah Solikin merupakan warga Desa Mayangan, Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang. Almarhumah yang merupakan lansia tergabung kloter 64 dengan Kota Mojokerto dan Kota Surabaya yang berangkat gelombang 2 dan tiba di Arab Saudi 29 Mei 2024.

"Dewi Aminah Solikin meninggal dunia di Rumah Sakit Al Noor Specialis Hospital, Mekkah, setelah mengeluhkan kondisi badan lemas, sesak napas dan mendapatkan perawatan medis selama empat hari," ujar Ilham. 

Adapun kronologinya, pada 12 Juni 2024 jam 21.00 waktu setempat, jemaah tersebut cenderung tidur, badan sangat lemas dan tidak kuat berdiri. Kondisi jemaah yang saat itu tanpa oksigen juga mengalami kaki bengkak. 

"Jemaah malas makan dan minum kurang lebih satu minggu. Perut terasa kenyang dan di rumah makannya juga sedikit. Sehari trakhir badan sangat lemas sampai tidak kuat berjalan," ujarnya.

Selanjutnya, Dewi Aminah Solikin dilakukan terapi infus konsul KKHI advis pro yang selanjutnya pada pukul 23.00 WAS dirujuk ke rumah sakit Al Noor.  DI sana dilakukan pemeriksaan Lab, CT Scan, Ro Thorax, ECG dan di diagnosa pneumonia, pleura empiema dan hiponatremi.

"Pada tanggal 14 Juni info dari RS Al Noor kondisi jemaah gelisah dan ada masalah di cardiac-nya dan masuk ruang ICU. Kemudian tanggal 16 Juni pukul 15.40 jemaah dinyatakan meninggal dunia," katanya.

Berdasarkan informasi yang didapat, ibadah haji jemaah Dewi Aminah Solikin sudah dibadalkan. Ilham menambahkan bahwa Kemenag Jombang turut berdukacita atas wafatnya Dewi Aminah Solikin. Dirinya berharap keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kesabaran.

"Semoga amal dan ibadah almarhumah ibu Dewi Aminah Solikin diterima Allah SWT,'' pungkas mantan Kepala Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kantor Kemenag Jombang ini.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut