get app
inews
Aa Read Next : Pesantren Tebuireng Jombang Sembeli 27 Ekor Sapi Kurban untuk Masyarakat

71 Ribu Kendaraan Diprediksi Lewat Tol Jombang-Mojokerto Saat Puncak Arus Mudik 2024

Rabu, 03 April 2024 | 16:29 WIB
header img
Kepala Departemen Operasi Astra Jomo Yuni Rihal saat memberikan pemaparan persiapan arus mudik dan balik 2024. Foto iNewsMojokerto/Zainul Arifin

JOMBANG, iNewsMojokerto.id - Puncak arus mudik di ruas Tol Jombang - Mojokerto diprediksi terjadi pada Senin, 8 April 2024 dengan estimasi 71 ribu kendaraan melewati ruas tersebut dan puncak arus balik pada Minggu, 14 April 2024 dengan estimasi 99 ribu kendaraan.

Secara total, diprediksi 1,2 juta kendaraan melintas di ruas Tol Jombang - Mojokerto, atau meningkat 5,2 persen dibandingkan lebaran tahun lalu.

Kepala Departemen Operasi Astra Tol Jomo, Yuni Rihal, menjelaskan dalam mengantisipasi tingginya mobilitas, selain melakukan persiapan rekayasa lalu lintas dengan PJR Polda Jatim III, Astra Tol Jomo juga menyiapkan tambahan 12 mobile reader yang digunakan untuk mengurai kepadatan di gerbang tol.

“Secara total akan ada 200 petugas yang siaga 24 jam untuk membantu pengguna jalan. Layanan lalu lintas jalan tol juga disiagakan dalam kondisi prima, terdiri dari 3 mobil patroli, 1 mobil rescue, 2 ambulans dengan perlengkapan medis lengkap, serta 4 mobil derek,” kata Yuni dalam media gathering di kantor Astra Tol Jombang, Rabu (3/4/2024)..

Astra Tol Jomo berkolaborasi dengan Astra World menyiapkan bengkel Astra Siaga Lebaran yang berada di rest area KM 695 A ’Teras Melati’.

Yuni mengatakan pengguna jalan dapat memanfaatkan layanan periksa kendaraan sambil berisitirahat. Selain itu, untuk memastikan kecukupan BBM, Astra Tol Jomo berkoordinasi dengan Pertamina menyediakan SPBU modular di rest area KM 695 A ‘Teras Melati’ dan KM 678 B ‘Teras Dipa’.

“Untuk pengguna kendaraan listrik, Astra Tol Jomo juga menyediakan fasilitas Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik ultra fast charging gratis di rest area KM 695 A ‘Teras Melati’,” imbuhnya.

Pengguna jalan dapat berkendara dengan tenang dan aman karena tol Jombang-Mojokerto dilengkapi dengan 124 CCTV, baik di jalur tol, rest area maupun gerbang tol. Segala pekerjaan perbaikan jalan tol juga dipastikan tidak ada mulai H-10 hingga H+10 lebaran. Unit perambuan dan penerangan jalan dipastikan dalam kondisi baik dan berfungsi untuk menunjang keamanan pengguna jalan.

Sedangkan untuk menghindari kepadatan yang mungkin terjadi di rest area, Yuni mengimbau untuk selalu mempersiapkan diri dengan mengisi bahan bakar dan uang elektronik sebelum memasuki jalan tol.

“Bila terjadi kepadatan di rest area, kami menyarankan agar pengguna jaladapat memanfaatkan fasilitas istirahat di jalan arteri sebelum kemudian kembali ke jalan tol untuk meneruskan perjalanan," ujarnya.

Dia melanjutkan, sebagai salah satu upaya mengurai kepadatan lalu lintas, Astra Tol Jomo memberikan apresiasi diskon tarif tol sebesar 20 peraen untuk pengguna jalan yang melakukan perjalanan secara menerus.

Diskon itu berlaku untuk semua golongan kendaraan yang masuk dari GT (Gerbang Tol) Banyumanik ke GT Bunder Gresik (dan sebaliknya), atau dari GT Banyumanik ke GT Warugunung (dan sebaliknya).

Diskon berlaku pada 3 April 2024 pukul 05.00 WIB hingga 5 April 2024 pukul 05.00 WIB dan 17 April 2024 pukul 05.00 WIB hingga 19 April 2024 pukul 05.00 WIB. Besaran diskon untuk golongan I sebesar Rp11.000, golongan II & III sebesar Rp18.500 dan golongan IV & V sebesar Rp22.000. Potongan iti berlaku untuk transaksi tol menggunakan uang elektronik dengan saldo cukup.

"Kami berharap pengguna jalan dapat menggunakan kesempatan ini agar terhindar dari kepadatan arus lalu lintas pada mudik lebaran," ujarnya.

Yuni menambahkan, Astra Tol Jomo senantiasa mengimbau pengguna jalan untuk selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan mengikuti arahan petugas di lapangan. Memeriksa kendaraan sebelum digunakan, menjaga tubuh tetap fit dan tidak dalam keadaan mengantuk atau lelah ketika berkendara, mematuhi batas kecepatan di jalan tol.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut