get app
inews
Aa Read Next : Pesantren Tebuireng Jombang Sembeli 27 Ekor Sapi Kurban untuk Masyarakat

124 Petugas Pemilu di Jombang Ambruk, 12 Orang KPPS Masuk Rumah Sakit

Selasa, 20 Februari 2024 | 09:16 WIB
header img
Pj Bupati Jombang Sugiat saat menjenguk Anggota KPPS yang sakit dan dirawat di Rumah Sakit. Foto iNewsMojokerto/ist

JOMBANG, iNewsMojokerto.id - Sebanyak 124 petugas pemilu 2024 di Kabupaten Jombang ambruk karena kelelahan usai melaksanakan proses rekapitulasi suara di beberapa tempat pemungutan suara (TPS) pada pelaksanaan pemilu, Rabu (14/2/2024) lalu. 

Dari ratusan petugas pemilu yang ambruk itu, 12 orang di antaranya dilarikan ke sejumlah Puskesmas dan rumah sakit untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut. 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang Syaiful Anwar mengungkapkan Hingga Senin (19/2/2024), petugas pemilu yang harus ditangani tim tenaga kesehatan bertambah menjadi total 124 orang. Sebelumnya, tercatat hanya 94 orang.

"Yang sakit setelah pelaksanaan pemungutan suara kemarin bertambah. Totalnya sekarang 124 orang,’’ ungkap Syaiful di Jombang, Senin (19/2/2024).

Syaiful mengatakan para petugas pemilu 2024 yang ambruk sakit mayoritas adalah KPPS (kelompok penyelenggara pemungutan suara). Mereka dilarikan ke rumah sakit akibat kelelahan dan ada juga karena penyakit yang diderita sebelumnya kambuh.

“Selain kelelahan ada juga yang mual, pusing. Kemudian ada juga yang hipertensi,” ujarnya. 

Sebagian dari mereka, disebut Syaiful telah diperbolehkan pulang oleh pihak rumah sakit setelah dinyatakan sembuh.

Sementara itu, pada Senin (19/02/2024) siang, Pj Bupati Jombang Sugiat menjenguk satu persatu anggota KPPS yang masih dirawat di sejumlah rumah sakit usai bertugas dalam Pemilu 2024. 

Selain memastikan kondisi kesehatan mereka, Sugiat juga ingin memastikan jika pembiayaan pengobatan mereka ditanggung pemerintah baik lewat BPJS Kesehatan maupun program pelayanan kesehatan masyarakat miskin (yankesmaskin) jika mereka belum tercover BPJS. 

"Alhamdulillah kondisi kesehatannya mereka sudah berangsur membaik,’’ kata Sugiat. 

Dijelaskan, dari perkembangan terbaru total ada 124 unsur penyelenggara Pemilu mengalami penurunan kondisi kesehatan. Dari jumlah itu, 12 orang dirujuk ke rumah sakit untuk menjalani perawatan. 

“Rata rata mereka kelelahan. Kemudian ditambah ada penyakit penyerta seperti hipertensi dan lain-lain jadi ngedrop,’’ katanya.

Ia menyampaikan terima kasih dan mengapresiasi kinerja mereka, sehingga dapat menyelenggarakan Pemilu di Jombang dengan lancar dan kondusif.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut