get app
inews
Aa Read Next : Jelang Kampanye Ning Ita-Cak Sandi, Mesin Partai NasDem Kota Mojokerto Mulai Dipanasi

Rangkaian Peringatan Hari Jadi, Kota Mojokerto Adakan Kirab Budaya Mojo Bangkit

Rabu, 28 Juni 2023 | 09:00 WIB
header img
Kota Mojokerto adakan Kirab Budaya Mojo Bangkit 2023. (Foto: istimewa)

MOJOKERTO, iNewsMojokerto.id - Kirab Budaya Mojo Bangkit kembali digelar Pemkot Mojokerto, Selasa (27/6/2023). Kegiatan ini merupakan rangkaian acara peringatan Hari Ulang Tahun ke-105 Kota Mojokerto

Dalam kegiatan yang menampilkan karya budaya dan seni dari sejumlah daerah di Jawa Timur itu, diikuti ribuan warga yang tumpah ruah memadati Jalan Majapahit hingga Jalan Bhayangkara. Kirab Budaya semakin meriah dengan adanya Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari bersama sang suami Supriadi Karima Saiful  yang menaiki kereta kencana memimpin pelaksanaan Kirab Budaya Mojo Bangkit.

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari dalam sambutannya mengungkapkan, dalam peringatan Hari Jadi Kota Mojokerto tahun ini telah dilaksanakan berbagai kegiatan selama satu bulan penuh yang bertujuan meningkatkan pertumbuhan perekonomian masyarakat Kota Mojokerto.

"Berbagai kegiatan selama satu bulan penuh untuk dinikmati warga Kota Mojokerto. Sekaligus, juga merupakan upaya Pemkot Mojokerto dalam meningkatkan pertumbuhan perekonomian masyarakat Kota Mojokerto," ujar wali kota yang karib disapa Ning Ita tersebut.

Dalam peringatan Hari Jadi Kota Mojokerto kali ini telah diadakan beragam kegiatan. Mulai dari Ludruk Karya Budaya, Bulan Bung Karno, Mojokerto Shopping Festival, Ambyar Awards, Mojokerto Bersholawat bersama Habib Syech, Jalan Santai, dan Festival Tahu Tek.

Selanjutnya ada Festival Permainan Tradisional dan Kuliner, Kirab Budaya Mojo Bangkit, Job Fair, dan Lomba Bakar Sate. Tidak hanya itu, juga akan ada penampilan penyanyi cilik Farel Prayoga dan pesta makan gratis di Alun-Alun Wiraraja.


Berbagai sajian budaya dari seluruh Jawa Timur dihadirkan dalam Kirab Budaya Mojo Bangkit. (Foto: istimewa)

Wali Kota yang akrab disapa Ning Ita ini juga menyampaikan, kegiatan kirab budaya ini telah rutin diselenggarakan oleh Pemkot Mojokerto sebagai daya tarik wisatawan untuk datang ke Kota Mojokerto. Ia juga menyampaikan rasa terima kasih kepada berbagai pihak yang telah menyukseskan Kirab Budaya Mojo Bangkit tahun ini.

"Saya ucapkan terima kasih kepada Kabupaten Sidoarjo yang sudah mengirim Seni Tari Jenggolo, Kota Surabaya dengan seni Tari Sawunggaling, Kabupaten Ponorogo dengan seni Tari Reog dan daerah lainnya," ucap Ning Ita.

Ning Ita juga menyampaikan, kegiatan ini juga merupakan bagian dari literasi budaya Majapahit. 

"Di dalam kirab Budaya ini terdapat literasi terkait sejarah Mojopahit karena Mojokerto mengusung “Spirit of Mojopahit dalam membangun Kota Mojokerto,” pungkas Ning Ita.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut