Logo Network
Network

WMM 2022 Pacu Wirausaha Muda Indonesia yang Kreatif dan Inovatif

Viola Triamanda
.
Selasa, 27 September 2022 | 21:20 WIB
WMM 2022 Pacu Wirausaha Muda Indonesia yang Kreatif dan Inovatif
VP CSR Center Department PT Bank Mandiri Tbk, Diwangkoro A. Ratam, dalam konferensi pers kompetisi Wirausaha Muda Mandiri (WMM) Tahun 2022, di Jakarta, Selasa (27/9/2022). (Foto: MPI/Viola Triamanda)

JAKARTA, iNewsMojokerto.id - Indonesia mempunyai begitu banyak anak muda yang berpotensi menjadi wirausaha muda.

Anak muda memang punya peran penting menggerakan wirausaha muda yang kreatif dan inovatif.  

Jika sumber daya manusia (SDM) yakni anak-anak muda Indonesia begitu banyak, tentunya mereka butuh dukungan untuk mewujudkan harapannya menjadi wirausaha muda yang tangguh. 

Melihat hal inilah PT Bank Mandiri Tbk ambil peran menghimpun para anak muda pelaku wirausaha mandiri.

Wadah meraka berkumpul diberi ajang Wirausaha Muda Mandiri (WMM) Tahun 2022.

Cara ini dinilai menjadi ajang yang pas bagi anak muda mewujudkan keinginannya sekaligus menghimpun bibit-bibit unggul pelaku wirausaha muda kreatif, inovatif.

Selain itu juga berkontribusi aktif menciptakan ekonomi Indonesia yang impresif. 

WMM 2022 ini sudah digelar secara konsisten sejak 2007 lalu dan direspons positif ribuan pelaku usaha usia muda. 

Setidaknya sekitar 50.000 wirausaha muda dari seluruh Indonesia telah menjadi bagian dari kompetisi ini, baik sebagai juara, finalis, maupun peserta.  

Corporate Secretary Bank Mandiri, Rudi As Aturridha, mengatakan WMM 2022 mengusung tema “Proud to be Entrepreneur” yang diharapkan mampu memantik semangat berwirausaha generasi muda Tanah Air untuk bersama membangun negeri.  

“Tahun ini menjadi tahun ke-17 kompetisi ini digelar. Bank Mandiri sebagai salah satu BUMN turut bangga dapat terus konsisten mewadahi para Jawara Wirausaha Muda di Indonesia untuk berkembang dan naik level dari lokal ke nasional, nasional hingga ke global,” ujar Rudi, dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa (27/9/2022). 

Ajang WMM kali ini, lanjut Rudi, sangat spesial karena seluruh peserta akan diuji dengan kegiatan yang dikemas dalam tayangan menghibur dalam format Digital Series. 

Nantinya, masyarakat pun dapat merasakan langsung dan belajar bersama melalui platform digital Youtube.  Tidak hanya itu, WMM kali ini juga kembali menghadirkan "Festival Expo WMM" yang sempat tertunda karena pandemi COVID-19. 

Dalam Expo ini Bank Mandiri mengundang seluruh mitra binaan terbaik Bank Mandiri yang menjadi bagian program CSR perseroan di bidang kewirausahaan seperti WMM, Rumah BUMN dan Kewirausahaan  Petani. 

"WMM 2022 juga menjadi bagian dari rangkaian perayaan HUT Bank Mandiri ke-24, dimana event ini menjadi simbol kontribusi Bank Mandiri untuk dunia usaha dan pelaku usaha muda Indonesia. 
Harapannya, event ini dapat mengapresiasi pelaku usaha muda atas semangat dan inovasi yang telah mereka lakukan untuk kemajuan ekonomi Indonesia," ungkap Rudi. 

Sementara VP CSR Center Department Bank Mandiri, Diwangkoro A. Ratam, menjelaskan WMM 2022 berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena terbagi ke dalam sub kategori baru, yaitu boga atau bisnis makanan dan minuman, lalu kategori kreatif seperti kesenian dan budaya, fesyen, dan entertainmen.  

Kemudian kategori teknologi dalam bentuk bisnis atau inovasi digital, dan juga kategori sosial yang memiliki aspek pemberdayaan lingkungan dan jasa kepada masyarakat. 

"Seluruh peserta akan mendapatkan pengalaman dan pembelajaran baru mengenai cara mengelola dan memaksimalkan potensi bisnis. Sekaligus memperebutkan posisi pemenang dengan total hadiah mencapai Rp2 miliar," kata Diwangkoro.  

Dalam penyelenggaraan WMM 2022, lanjutnya, Bank mandiri kembali menghadirkan Expo bagi para peserta sebagai ajang mengenalkan produk dan bisnisnya kepada masyarakat secara langsung. 

Expo WMM 2022 juga menjadi poin penting dalam penilaian bagi peserta untuk meraih posisi puncak.  “Tidak hanya sekedar kompetisi, peserta WMM 2022 akan mendapatkan banyak ilmu baru. Sekaligus meningkatkan kapasitas dan kemampuan sebagai pebisnis yang tangguh mulai dari meningkatkan kemampuan branding, komunikasi, hingga strategi marketing lainnya,” ujar Diwang.  

Inovasi penyelengaraan WMM 2022 tidak berhenti sampai disitu, pada tahun ini untuk pertama kalinya dibuka kategori santripreneur.  Hal ini dilakukan untuk  mendorong kapasitas para santri di seluruh Indonesia agar memiliki semangat  kewirausahaan dan diharapkan dapat menjadi bagian dari motor perekonomian nasional di masa mendatang. 

Sebagai rangkaian dari pre-event kompetisi, anak muda yang sedang merancang model bisnis usahanya juga dapat mendaftarkan diri dalam kategori business plan. Ide bisnis yang cemerlang juga berpeluang untuk memperoleh hadiah dengan total mencapai Rp 500 juta.  

Selanjutnya, seleksi kompetisi WMM bagi pengusaha muda akan dilakukan di masing-masing wilayah dengan tahapan awal registrasi melalui akses website www.wmm.id pada 27 September-27 Oktober 2022.  Setelah itu, akan dilakukan seleksi administrasi, asesmen, validasi dan penjurian regional 2 minggu setelah pendaftaran ditutup. 

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Mojokerto di Google News

Bagikan Artikel Ini