get app
inews
Aa Read Next : Ada Tetesan Air Mata Raja Charles III di Pemakaman Ratu Elizabeth II

Jadwal Lengkap Pemakaman Ratu Elizabeth Hingga 19 September

Senin, 12 September 2022 | 12:08 WIB
header img
Peti jenazah Ratu Elizabeth II. (Foto: Buckingham Palace Royal)

LONDON, iNewsMojokerto.id - Prosesi puncak pemakaman Ratu Elizabeth II akan terjadi pada 19 September 2022. Sebelum itu, jenazah sang ratu akan menjalani prosesi panjang sesuai tradisi kerajaan Inggris

Berikut ini Tim iNews merangkum runutan prosesi pemakaman Ratu Elizabeth yang dirilis oleh Istana Buckingham. Prosesi ini dilakukan sejak Minggu (11/9/2022)

Earl Marshal, Duke of Norfolk, adalah pihak yang bertanggung jawab membuat pengaturan proses pemakaman sang ratu. Melalui keterangan yang dibuatnya, hari pemakaman akan menjadi hari libur bank di seluruh negeri. 

Istana Buckingham mengonfirmasi pada hari Sabtu (10/9/2022) bahwa upacara pemakaman Ratu Elizabeth II dimulai pada pukul 11 pagi pada 19 September di Westminster Abbey di London.  Prosesi dimulai pada hari ini, Minggu (11/9/2022) dengan agenda pemindahan peti mati dari kastil Balmoral.

Pasukan pengawas binatang buruan dari Balmoral Estate memindahkan peti mati Ratu dari halaman Balmoral pada pukul 10 pagi waktu setempat. Peti mati ini selanjutnya diangkut dari perkebunan Skotlandia ke Istana Holyroodhouse dengan mobil jenazah.

Pemindahan dari balmoral ke Istana Holyroodhouse diperkirakan memakan waktu kurang lebih enam jam. Pada proses ini, peti mati Ratu Elizabeth II diharapkan akan melewati Aboyne, Banchory, Peterculter, dan pedesaan Abderdeen serta Angus.

Selanjutnya, pada hari ini Senin (12/9/2022), Raja Charles III dan Permaisuri akan mengunjungi Edinburgh pada  untuk ambil bagian dalam prosesi dari Holyroodhouse ke Katedral St. Giles. Raja dan beberapa anggota keluarga kerajaan akan mengikuti pawai dengan berjalan kaki pada pukul 14.35 waktu lokal setempat. 

Peti mati berhiaskan Mahkota Skotlandia di atasnya ini akan dibawa ke dalam gereja pada pukul 14:55 waktu setempat. Para pengunjung dapat memberikan penghormatan terakhir di katedral tempat peti mati akan diletakkan. 

Raja dan anggota keluarga kerajaan lainnya akan berjaga malam itu sejak pukul 19:20 waktu setempat. Kegiatan ini akan berlanjut pada esok harinya.

Sebuah mobil jenazah akan mengangkut peti mati ke bandara Edinburgh pada hari Selasa (13/9/2022) pukul 5 sore waktu setempat dan tiba pada pukul 6 sore. Dalam perjalanan 55 menit ke RAF Northolt ini, peti mati akan dibawa bersama Putri Anne. 

Nantinya peti mati Ratu Elizabeth II akan diangkut ke Istana Buckingham dengan mobil jenazah negara. Peti tersebut akan ditempatkan di tengah ruang utama sehingga anggota keluarga kerajaan dapat memberikan penghormatan.

Mahkota Negara Kerajaan dan karangan bunga akan ditempatkan di atas peti mati pada hari Rabu (14/9/2022). Selanjutnya peti diangkut dengan kereta api dalam parade dari Istana Buckingham ke Istana Westminster pada pukul 14:22 waktu setempat, bersama Raja, para bangsawan lainnya, serta karyawan rumah tangga istana.

Pukul 3 sore waktu setempat pada hari Rabu, peti mati akan sampai ke Istana Westminster. Uskup Agung Canterbury akan memimpin pelayanan singkat. Setelah itu, masa kenegaraan akan dimulai dan masyarakat boleh lewat untuk memberi penghormatan terakhir. 

Jenazah Ratu akan disemayamkan di Westminster Hall selama "empat hari bersih". Kemudian, pada Senin, (19/9/2022), pukul 11 pagi waktu setempat, pemakaman akan dimulai. 

Pihak Istana Buckingham akan segera mengumumkan daftar undangan dan informasi detail mengenai prosesi pemakaman 19 September.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut