get app
inews
Aa Read Next : Mengapa Punggung Terasa Panas? Jawabannya Bisa Penyakit Saraf atau Batu Ginjal

5 Solusi Buat Bumil Jika Alami Nyeri punggung

Rabu, 10 Agustus 2022 | 20:18 WIB
header img
Ilustrasi Ibu Hamil (Foto : Istimewa/iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Masa kehamilan menjadi salah satu masa yang paling ditunggu pasangan suami istri. Namun, ternyata masa kehamilan bagi perempuan terkadang membuat perempuan memiliki aktivitas yang terbatas. 

Ditambah lagi, sekitar 80 persen perempuan hamil mengeluhkan sakit punggung selama masa kehamilannya. Meski begitu, kondisi tersebut merupakan hal yang wajar terjadi dan tidak perlu ditakutkan. 

Penyebab nyeri punggung saat hamil memang bermacam-macam. Apalagi jika usia kandungan sudah semakin tua, nyeri punggung akan lebih sering terjadi. 

Sebelum mengatasi masalah nyeri punggung saat hamil, tim Inews telah merangkum penyebab dari nyeri punggung. Berikut sejumlah faktor yang dapat menyebabkan nyeri punggung bagi ibu hamil

1. Perubahan Postur 

Perubahan postur tubuh pada ibu hamil akan terjadi secara bertahap seiring dengan bertambahnya usia kandungan. Hal inilah yang kemudian menyebabkan rasa sakit pada punggung. 

2. Jarang Berolahraga 

Wanita hamil yang jarang berolahraga juga disebut lebih berpotensi mengalami sakit punggung. Hal ini karena jarang berolahraga dapat membuat otot dan sendi di panggul atau punggung menjadi lebih lemah. 

3. Stres saat Masa Kehamilan 

Penyebab nyeri punggung saat hamil berikutnya adalah stres. Stres yang dialami ibu hamil dapat menyebabkan ketegangan otot di punggung, sehingga menimbulkan rasa nyeri punggung.

4. Perubahan Hormon 

Selama masa kehamilan, tubuh akan memproduksi hormon relaksin 10 kali lebih banyak. Peningkatan kadar hormon relaksin yang menyebabkan pembesaran serviks akan menimbulkan nyeri punggung.

5. Pertambahan Berat Badan 

Ibu hamil yang sehat akan mengalami kenaikan berat badan. Naiknya berat badan selama kehamilan ini akan menambah tekanan pada sendi dan otot tubuh. Pertambahan berat badan juga akan membebani tulang belakang yang bertugas menopang tubuh. 

Setelah mengetahui apa saja penyebabnya, berikut cara mengatasinya: 

1. Olahraga Teratur 

Berdasarkan penelitian, olahraga teratur setiap minggu bisa mengurangi risiko nyeri punggung, namun tidak dengan nyeri panggul.  Bentuk olahraga yang disarankan antara lain berenang, berjalan, pilates, yoga, dan bersepeda. 

2. Hindari Mengangkat Beban Berat 

Saat hamil, kurangi jumlah beban yang biasanya dapat Anda bawa sebelum masa kehamilan. Tanyakan pada dokter kandungan berapa batas berat maksimal yang diizinkan.  

Selain itu, jangan lupa untuk tetap memperhatikan posisi kaki dan punggung sebelum mengangkat beban. Jika Anda harus membawa atau mengangkat barang, usahakan untuk mendekap erat pada tubuh dan mengambilnya dengan cara menekuk lutut.

 3. Pijat 

Coba memijat punggung bagian bawah dan seluruh punggung. Anda bisa meminta tolong pasangan untuk melakukannya.  Pijatan ini bisa meredakan rasa lelah dan nyeri sakit otot. 

4. Perbaiki Postur Tubuh 

Untuk memperbaiki postur tubuh selama masa kehamilan, Anda bisa mencoba tidur dengan posisi miring dengan bantal yang diletakkan di antara kedua kaki. Posisi akan membuat punggung bawah melengkung lebih ke dalam, sedangkan panggul mengarah ke depan. 

Selain itu, cobalah untuk tidak memutar badan atau membungkuk saat duduk ataupun berdiri.  

5. Tidur Miring 

Saat kandungan sudah semakin besar, mulailah tidur dengan cara menyamping. Tekuklah salah satu atau kedua lutut. Anda juga bisa menggunakan bantal untuk ditaruh di antara lutut atau bagian tubuh lain di bawah perut yang dapat membuat Anda merasa nyaman saat tidur. 

Nah, itulah penyebab dan cara mengatasi punggung nyeri saat hamil yang perlu anda ketahui. Semoga rasa nyeri pada masa kehamilan kali ini dapat segera teratasi. 
 

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut