get app
inews
Aa Read Next : Ingin Naik Kereta Cepat Jakarta-Bandung? Ini Tarif Terendahnya

Rangkaian Kereta Cepat Jakarta Bandung Mulai Dikirim Dari China

Jum'at, 05 Agustus 2022 | 19:10 WIB
header img
Rangkaian Electric Multiple Unit (EMU) atau kereta untuk proyek KCJB mulai dikirim dari China ke Indonesia hari ini, Jumat (5/8/2022). (Foto: Dok. KCIC)

JAKARTA, iNews.id - Rangkaian kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB) atau yang disebut Electric Multiple Unit (EMU) saat ini mulai memasuki tahap pengiriman dari China ke Indonesia. 

"Pengiriman perdana EMU dan Comprehensive Inspection Train (CIT) ini merupakan pertama kalinya pengiriman EMU kereta api cepat dari China ke luar negeri," ujar Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Dwiyana Slamet Riyadi dalam seremoni Penyelesaian Manufaktur & Pengiriman Perdana EMU Proyek Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung, Jumat (5/8/2022).

Dwiyana menuturkan, sebanyak 11 rangkaian kereta yang diproduksi oleh CRRC Sifang, Qingdao, Provinsi Shandong, China ini telah selesai diproduksi pada awal April tahun ini. Selain itu, EMU dan CIT yang dikirimkan ke tanah air hari ini telah menyelesaikan static test dan dynamic test di tempat produksinya.

“Hingga saat ini, progres pengerjaan proyek KCIC telah mencapai 85 persen, dan masih menyisakan beberapa pekerjaan tunnel 2, pre loading, track laying dan penyelesaian stasiun," ucapnya.

Dia menambahkan, ditargetkan pada November 2022 mendatang atau bertepatan dengan penyelenggaraan Presidensi G20, KCJB sudah menjalani tes dinamis. Dwiyana menambahkan, dengan adanya pengiriman kereta cepat ke Indonesia, menjadi sebuah hadiah spesial bagi Indonesia yang akan memperingati Hari Kemerdekaan ke-77.

"Tentunya ini juga akan menjadi milestone penting proyek KCJB secara keseluruhan," pungkasnya. 

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Berita iNews Mojokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut