get app
inews
Aa Read Next : Hadirkan Citarasa Lokal dan Tradisional, Grand Swiss-Belhotel Darmo Sajikan Dua Menu Baru

Sejarah Pizza Hut, Dari Uang Hutang Hingga Menghasilkan Ribuan Cabang

Kamis, 30 Juni 2022 | 19:35 WIB
header img
Restoran Pizza Hut. (Foto: Reuters)

KANSAS, iNews.id - Siapa yang tidak kenal dengan Pizza. Makanan khas Italia itu telah banyak digandrungi pecinta kuliner dari seluruh dunia. 

Namun siapa sangka pemilik restoran pizza terbesar di dunia bukanlah berasal dari Italia. Tetapi malah berasal dari Kansas, Amerika Serikat. 

Dari situ pula kemudian, salah satu perusahaan waralaba pembuat Pizza terbesar di dunia, Pizza Hut hadir. Sejak setengah abad lalu atau tepatnya pada tahun 1958 Pizza Hut muncul hingga kini memiliki sekitar 34.000 restoran dan kios pengantaran di lebih dari 100 negara di dunia. 

Pizza Hut didirikan oleh oleh kakak beradik bernama Dan Carney dan Frank Carney di Wichita, Kansas, Amerika Serikat (AS). Frank Carney lahir pada 1931, sedangkan adiknya Dan Carney lahir tujuh tahun kemudian atau pada 1938.

Saat itu, Frank dan Dan Carney mulai bisnis sambil berkuliah di Wichita State University. Mereka mulai bisnis makanan dengan membantu ayahnya berbisnis makanan di toko kelontong lokal.   

Setelah membaca sebuah artikel di surat kabar Saturday Evening Post yang menjelaskan berkembangnya budaya makan pizza, mereka terdorong membuka sebuah restorn pizza. Untuk memulai usahanya, mereka meminjam uang sebesar 600 dolar AS dari sang ibu. 

Langkah taktis pun segera dibuat melalui uang itu. Seperti mengubah bar seluas 600 kaki persegi menjadi sebuah restoran yang diberi nama Pizza Hut. Ada dua cerita dibalik pemilihan nama Pizza Hut untuk nama restoran mereka. 

Versi pertama menyebutkan, karena papan nama yang dibeli hanya cukup untuk menuliskan 9 karakter, termasuk spasi di dalamnya. Sementara versi lainnya karena bangunan yang mereka gunakan bekas bar, dengan bentuk yang mengingatkan mereka pada sebuah pondok (hut).

Setelah merenovasi bar, mereka mulai memproduksi pizza dengan peralatan bekas dengan produk pizza pertama buatan mereka yang diberi nama Thin 'n Crispy. Pizza buatan mereka pun laris di pasaran hingga akhirnya mampu membuka toko kedua pada 1959 di Topeka, Kansas, AS.

Bisnis mereka berkembang cukup pesat dari tahun pertama. Hingga kemudian di tahun berikutnya membuka di Aggieville, Kansas Pizza Hut, yang menawarkan pengiriman dengan menggunakan skuter roda tiga untuk pertama kalinya. 


pendiri Pizza Hut Dan Carney dan Frank Carney. (Foto: pizzahut.co.uk)

Tak berhenti di AS, Frank dan Dan mulai membuka cabang pertama di Kanada pada 1968. Pada 1969, logo Si Atap Merah (Red Roof) yang digunakan oleh Pizza Hut resmi diakui penggunaannya dan menjadi ikon.

Pizza Hut mulai go international di tahun 1970. Dalam satu tahun atau pada 1971, Pizza Hut diakui sebagai jaringan restoran pizza nomor satu terbesar di dunia baik dari segi penjualan maupun dari jumlah cabang. 

Pada 1972, Pizza Hut masuk dalam daftar Bursa Saham New York, AS. Yang kemudian dilanjutkan dengan melebarkan sayap ke Jepang dan Inggris setahun kemudian. Namun pada 1977, Carney bersaudara memutuskan untuk menjual Pizza Hut kepada PepsiCo. 

Saat ini, Pizza Hut berada di bawah Yum! Brands Inc.  Setelah menjual perusahaannya, Carney kembali mencoba peruntungan, dengan membuka restoran pizza Papa John’s pada 1990-an. 

Walaupun harus bersaing ketat dengan Pizza Hut, usaha Frank mengembangkan Papa John’s tidak sia-sia. Pada 2001, dia telah mengembangkan restoran pizza tersebut ke 133 lokasi di seluruh Amerika Serikat.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut