get app
inews
Aa Read Next : Lirik Lagu Dola yang Sedang Viral Trending di YouTube

Mengenal Sosok Pendiri dan Pengunggah Video Pertama di YouTube

Selasa, 21 Juni 2022 | 15:38 WIB
header img
Video pertama yang diunggah Jawed Karim di platform YouTube. (Foto: Instagram/Jawed Karim)

NEW YORK, iNews.id - Kepopuleran platform berbagi video YouTube memang sudah tidak diragukan lagi. Telah muncul berjuta-juta video yang diupload di platform video tertua dan terpopuler di dunia itu. 

Tapi banyak orang masih belum tahu, sebelum YouTube terkenal seperti sekarang ini, video pertama yang diunggah adalah video "Me at the zoo". Video ini diunggah oleh salah satu pendiri YouTube Jawed Karim.

Video yang diunggah pada 23 April 2005 itu menjadi salah satu video yang telah ditonton lebih dari 235 juta kali. Video itu direkam oleh teman SMA Jawed, Yakov Lapitsky saat dirinya berdiri di depan kandang gajah Kebun Binatang San Diego, Amerika Serikat (AS). 

Video berdurasi 18 detik itu merupakan video iseng yang dia unggah untuk mengisi kekosongan platform YouTube. Jawed Karim sendiri bergabung dengan YouTube bersama Chad Hurley, dan Stve Chan sejak video pertama diunggah.

Jawed Karim adalah seorang insinyur perangkat lunak dan pengusaha dari Amerika Serikat (AS). Jawed merupakan anak kelahiran 28 Oktober 1979 di Merseburg, Jerman dari pasangan Cristine (Jerman) dan Naimul Karim (Bangladesh).

Jawed sendiri dibesarkan di Neuss, Jerman. Setelahnya, mengikuti keluarganya yang hijrah ke Saint Paul Minnesota pada 1992 lantaran keluarganya mengalami xenofobia. 

Ayah Jawed merupakan seorang peneliti yang bekerja di Minnesota Mining and Manufacturing Company. Sedangkan ibunya seorang ilmuwan Jerman yang bekerja sebagai Profesor Riset Biokimia di Universitas Minnesota. 

Dalam dunia pendidikannya, ia lulus sekolah setingkat SMA pada 1997 di Saint Paul Central High School. Kemudian melanjutkan kuliah ke University of Illinois. 

Di bangku kuliah, dia mendapatkan tawaran bekerja di PayPal. Di sana, Karim bertemu dengan Steve Chen dan Chad Hurley, dua pembuat YouTube lainnya. 

Para pendiri menyatakan, ketika memutuskan untuk meluncurkan YouTube, yang mereka pikirkan adalah versi video online dari situs kencan.  Namun itu tidak berjalan baik. Mereka akhirnya berubah pikiran dan mulai menerima semua jenis video. 

Nama domain YouTube diaktifkan pada 14 Februari 2005. Pada Mei 2005, mereka meluncurkan situs beta YouTube setelah menerima dana 3,5 juta dolar AS dari Sequoia Capital. Setelah itu, banyak perusahaan yang ingin berinvestasi di YouTube. 

Popularitas YouTube yang meningkat dan semakin diminati berakhir dengan keputusan google untuk membeli YouTube pada November 2006 senilai 1,65 miliar dolar AS.  Diketahui Jawed Karim yang saat itu menjabat co-founder YouTube memperoleh sebanyak 137.443 lembar saham dengan nilai total sebesar 64 juta dolar AS. 

Kekayaan bersih Karim saat ini sebesar 300 juta dolar AS atau setara Rp4,45 triliun. Chad Hurley sebagai CEO YouTube mendapat 694.087 lembar saham plus 41.232. 

Nilai totalnya pada 2007 mencapai lebih dari 345 juta dolar AS. Sedangkan Steve Chen mendapatkan 625.366 lembar saham ditambah 68.721 trust. Nilai totalnya pada 2007 mencapai 326 juta dolar AS.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut