Sowan, Tradisi yang Dilestarikan Ning Ita Untuk Sambung Silaturahmi dan Meminta Berkah

Trisna Eka Adhitya
Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari bertemu istri Wali Kota Mojokerto periode 2013-2018 KH. mas'ud Yunus, Bu Nyai Siti Amsah, Minggu (1/4/2022). (Foto: istimewa)

MOJOKERTO, iNews.id - Tradisi sowan kepada orang yang dianggap lebih tua di Hari Raya Idul Fitri merupakan tradisi yang perlu dilestarikan. Selain untuk menyambung tali silaturahmi, tradisi sowan juga dapat dijadikan ajang meminta keberkahan. 

Tak terkecuali bagi Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari yang sowan ke kediaman Wali Kota Mojokerto periode sebelumnya (2013-2018) KH. Mas'ud Yunus. Kunjungan orang nomor satu di Kota Mojokerto itu dilakukan untuk menjaga tali silaturahmi dengan keluarga KH. Mas'ud Yunus yang telah wafat pada Agustus 2020 lalu. 

Pada kunjunganya, Wali Kota yang akrab disapa Ning Ita ini didampingi sang suami Supriyadi Karima Saiful dan diterima oleh istri KH. mas'ud Yunus, Ibu Nyai Siti Amsah dikediamannya yang berlokasi di Surodinawan, Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto. Minggu (1/5/2022).

"Kunjungan ini selalu saya lakukan setiap tahun menjelang lebaran, untuk tetap menjaga tali silaturahmi dengan kepala daerah terdahulu, bagaimanapun beliau- beliau ini telah banyak berjasa untuk kemajuan Kota Mojokerto, apa yang telah baik tentu akan kami teruskan," ungkap Ning Ita.

Pada kesempatan ini, Ning Ita juga memohon doa kepada Ibu Nyai Siti Amsah, agar dilancarkan dalam memimpin Kota Mojokerto. Selain itu, dengan melakukan sowan, Ning Ita ingin mendapatkan barokah dari kiai. 

"Ini kan bulan yang baik ya, bulan Ramadhan, jadi kita perbanyak silaturahmi di bulan suci Ramahan ini agar barokahnya para kiai ini juga sampai ke kita," imbuhnya.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network