10 Perguruan Tinggi Swasta Terbaik Jawa Timur 

Nanda Alifya Rahmah
10 kampus swasta terbaik di Jawa Timur. (Foto: Unsplash/Pang Yuhao)

MOJOKERTO, iNewsMojokerto.id - Jawa Timur menjadi salah satu provinsi yang dipenuhi perguruan tinggi terbaik Indonesia. Perguruan tinggi negeri maupun swasta di Jawa Timur terbukti unggul di kancah nasional bahkan internasional. 

Iklim masyarakat Jawa Timur pun dinilai nyaman untuk belajar. Oleh karena itu, tidak sedikit mahasiswa dari luar Jawa Timur memilih untuk berkuliah di salah satu provinsi terbaik Indonesia ini. 

Dalam artikel berikut tersaji 10 pilihan kampus swasta terbaik Jawa Timur yang bisa dijadikan pilihan alternatif untuk berkuliah. Kampus mana saja?

1. Universitas Surabaya (Ubaya)

Masih termasuk 100 kampus terbaik di Indonesia. Ubaya berdiri sejak 11 Maret 1968, telah mencapai fase lima puluh tahun (usia emas) pada tahun 2018.

Ubaya menawarkan jenjang perkuliahan D3, S1, S2, dan profesi. Ada cukup banyak pilihan jurusan, mulai dari ekonomi hingga kedokteran.

Ubaya memiliki cita-cita untuk bergerak dari teaching university ke arah research university, dan pada akhirnya ke entrepreneurial university– digitalpreneur university. 

Ubaya adalah salah satu perguruan tinggi yang berkomitmen membentuk mahasiswanya menjadi lulusan yang memiliki Global Vision, Digital Mindset, dan Creativity Driven.

2. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

Kampus UMM unggul dari cukup banyak aspek. Salah satu yang menjadi favorit adalah lokasinya. 

Kampus 3 untuk perkuliahan S1 terletak di jalan utama Malang-Batu. Kemudahan akses serta area sekitar yang sejuk membuat suasana belajar di UMM menjadi primadona.

Fakultas Teknik, FISIP, FKIP, Fakultas Hukum, Fakultas Peternakan-Perikanan, Fakultas Agama Islam, Fakultas Pertanian, Fakultas Psikologi dan Fakultas Ekonomi, adalah beberapa yang ditawarkan di sana. 

Selain itu masih ada D3 Perawatan, Program Pendidikan Dokter, dan Program Studi Farmasi, Program Studi Magister Managemen, Magister  Sosiologi Pedesaan, Magister Agama Islam, Magister Ilmu Hukum, Magister Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, dan Magister Agribisnis.

3. Universitas Kristen Petra (UK Petra)

Hal pertama yang penting diketahui adalah kampus Petra tidak eksklusif hanya untuk mahasiswa kristiani saja. Kampus ini justru salah satu Kampus multikultural terbaik di Jawa Timur. 

Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Teknologi Industri, School of Business and Management, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Humaniora dan Industri Kreatif bisa menjadi pilihan berkuliah di UK Petra. 

Selain perkuliahan utama, kampus ini juga menyediakan layanan Perpustakaan, Klinik, Pusat Konseling. Pusat Teknologi Informasi, Pusat Karier, Kemahasiswaan, dan Kantor Kerja Sama dan Urusan Internasional. 

4. Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWM)

UKWM Surabaya memiliki 1 Sekolah Pascasarjana dan 12 Fakultas. Kampus ini menawarkan program Diploma, Sarjana, Pascasarjana, hingga Profesi dengan berbagai jurusan yang siap memenuhi tuntutan zaman.

Beragam pilihan bidang ilmu baik sains, teknik, sosial, bisnis, kedokteran dan banyak lagi. Selain studi bisnis dan kesehatan, di kampus ini juga menawarkan program jurusan filsafat. Salah satu jurusan yang cukup jarang ditawarkan di Indonesia. 

Sebagai salah satu Kampus terbaik, UKWMS telah menerima penghargaan Anugerah Kampus Unggul berturut-turut sejak tahun 2010 hingga 2018 dalam bidang Tata Kelola, Kemahasiswaan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dari LLDIKTI VII Jawa Timur. 

UKWMS juga menjadi satu-satunya universitas di Jawa Timur yang meraih anugerah Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Award dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) di Tahun 2018.

5. Universitas Ciputra Surabaya (UC)

Kampus yang satu ini berkomitmen utuh untuk mencetak enterpreneur. Ini adalah kampus yang tepat untuk para calon mahasiswa yang ingin belajar berbagai hal mengenai bisnis. 

Program yang ditawarkan meliputi School of Business Management, School of Creative Industry, School of Tourism, School of Information Technology, School of Medicine, School of Psychology, School of Communication and Media Business.

Kampus UC memiliki jaringan internasional yang luas dengan para pebisnis dari seluruh dunia. Program internasional tersebut juga dapat dinikmati oleh para mahasiswa. 


6. Universitas Hang Tuah Surabaya (UHT)

UHT menawarkan cukup banyak program jurusan. Satu yang menjadi primadona tentu adalah yang berkaitan dengan pelayaran dan kelautan. 

Program D3 Pelayaran meliputi Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga Dan Kepelabuhan, Teknika, dan Studi Nautika. Sementara Fakultas Teknik dan Kelautan menawarkan Teknik Elektro, Teknik Perkapalan    , Teknik Sistem Perkapalan    , Teknik Kelautan S2, Oseanologi, dan Perikanan.

Di kampus ini juga ada Fakultas Kedokteran yang unggul. Program yang ditawarkannya adalah Kedokteran    S1, Pendidikan Profesi Dokter, Farmasi    S1, Pendidikan Dokter S1, dan Profesi Dokter.

Fakultas lain yang bisa menjadi pilihan berkuliah di UHT adalah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Hukum, Fakultas Kedokteran Gigi, dan Fakultas Psikologi. 

7. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya (Untag)

D3 hingga S3 bisa ditempuh di kampus Untag. Ada 7 Fakultas dengan total program studi lebih dari 30 jurusan. 

Fasilitas perkuliahan yang ditawarkan juga meliputi beasiswa, perpustakaan, sarana seni dan olahraga, layanan kesehatan, hingga Pojok Bursa Efek Indonesia.

Lokasi kampus Untag berada strategis di area kota Surabaya yang memudahkan akses fasilitas publik. Kampus Untag kini menyandang akreditasi Unggul menurut kualifikasi BAN-PT. 

8. Universitas Hayam Wuruk Surabaya (UHW)

Dulu dikenal dengan nama Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas Surabaya. Kampus UHW merupakan salah satu Kampus ekonomi bergengsi. 

Berbagai pilihan program sarjana ekonomi bisa diambil di sini. Ada Program Diploma III dan Program Sarjana.

Jurusan yang ditawarkan adalah Sarjana Akuntansi, Sarjana Manajemen, Sarjana Ekonomi Syariah, Sarjana Informatika, Sarjana Sistem Informasi, dan Sarjana Desain Komunikasi Visual. 

UHW memiliki jaringan kemitraan dengan UMKM yang bisa menjadi area praktik lapangan bagi para mahasiswa.   

9. Universitas PGRI Madiun (Unipma)

Salah satu perguruan tinggi swasta yang berfokus pada studi keguruan. Kampus Unipma berkembang sebagai kampus gabungan IKIP PGRI Madiun, STIE Dharma Iswara Madiun dan STT Dharma Iswara Madiun.

Selain program pendidikan guru, Unipma juga menawarkan program Farmasi, Ilmu Keolahragaan, Teknik Industri, Teknik Kimia, Teknik Elektro, Teknik Informatika, Sistem Informasi, Hukum, dan lain-lain. 

Berbagai agenda seperti kuliah umum, seminar nasional, konferensi internasional dan sebagainya menjadi agenda utama kampus yang berlokasi di Jalan Setia Budi Madiun ini.

10. Universitas Islam Malang (Unisma)

Kampus Unisma berdiri pada 27 Maret 1981. Kampus ini merupakan lembaga di bawah naungan Lembaga Pendidikan Ma'arif Nahdlatul Ulama.

Saat ini Unisma tengah berada dalam masa pembangunan karakter Entrepreneur University (2023-2027) menuju World Class University (2027-2031). 

Program jurusan yang ditawarkan meliputi Pendidikan Agama Islam, Ilmu Hukum, Agrobisnis, Teknik Sipil, Pendidikan Bahasa Indonesia, Manajemen, Pendidikan Dokter, Farmasi, dan lain-lain.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network