4 Cara Mengatasi Sakit Pinggang Tanpa Obat

Trisna Eka Adhitya
Ilustrasi sakit pinggang. (foto: dok klikdokter)

MOJOKERTO, iNewsMojokerto.id - Seiring dengan bertambahnya usia, banyak penyakit yang tiba-tiba muncul. Namun tidak semua penyakit harus diobati dengan obat. 

Seperti misalnya jika mengalami sakit pinggang. Tak cuma para orang tua yang akan menderita penyakit ini, tapi ternyata anak muda juga mengeluhkan penyakit itu. 

Dilansir Healthline, Selasa (30/8/2022) sakit pinggang yang diderita anak muda biasanya terjadi akibat pekerjaan yang sedang dilakukan. Di Amerika sendiri, 80 persen orang pernah mengalami nyeri pinggang semasa hidupnya. 

Sakit pinggang sendiri sebagian besar disebabkan oleh gerakan tubuh yang tiba-tiba hingga cidera. Selain itu, sakit pinggang juga bisa diakibatkan oleh pola hidup yang tidak sehat hingga kurangnya olah raga

Untuk mengatasinya, sebenarnya ada cara yang cukup mudah tanpa meminum obat. Setidaknya ada 4 cara yang dapat dilakukan seperti berikut ini:

1. Bergerak 

Cara pertama ini adalah cara yang paling mudah. Tubuh yang banyak digerakkan mampu menyembuhkan sakit pinggang dibandingkan dengan hanya rebahan. 

Jadi semakin banyak bergerak maka otot-otot yang semula tegang hingga menyebabkan nyeri akan merenggang dan cukup melegakan pinggang. Aktivitas yang tidak berat seperti jalan-jalan dapat dipilih untuk membantu meredakan sakit pinggang

2. Ganti Posisi Tidur

Mengubah posisi tidur ternyata dapat mengurangi rasa sakit di pinggang. Seperti misalnya jika dalam posisi tidur miring, maka langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah menarik kaki sedikit ke arah dada dan letakkan bantal di antara kaki. 

Kemudian jika terbiasa tidur terlentang, maka penanganannya akan berbeda. Yakni dengan cara meletakkan bantal di bawah lutut. 

3. Olahraga 

Sudah menjadi kebutuhan bagi setiap manusia untuk melakukan olahraga dalam hidupnya. Dampak yang baik bagi tubuh menjadi alasan utama untuk melakukan olahraga. 

Orang yang jarang berolahraga bisa jadi menjadi penyebab sakit pinggang yang sedang diderita. Maka cobalah untuk melakukan olahraga seperti berenang atau yoga secara teratur. 

Olah raga juga diyakini dapat membantu mengurangi sakit pinggang. Untuk mengurangi rasa sakit pinggang, olah raga dapat dilakukan secara perlahan dan rutin.  

4. Krim dan Koyo 

Terakhir kamu bisa gunakan krim dan koyo untuk mengurangi rasa sakit pinggang. Kamu bisa mengoleskan krim atau menempelkan koyo pereda rasa nyeri di bagian yang terasa sakit.

Pemakaian koyo diyakini tidak menyebabkan overdosis karena bahan aktif dan luas permukaan koyo sudah dihitung sesuai dosis yang pantas bagi pemakai.  Itulah cara mudah mengatasi sakit pinggang tanpa minum obat. 

Editor : Trisna Eka Adhitya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network